Image of Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian ed. 1 cet 1

Buku PGSD

Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian ed. 1 cet 1



Pembelajaran tematik terpadu meruapakan suatu sistem pembelakaran yang memungkinkan peserta didik, baik secara individual maupun kelompok, aktif menggali dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip keilmuan secara holistik, bermakna, dan autentik. Pembelajaran terpadu berorientasi pada praktik pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik pada pendidikan anak usia dini (PAUD) dan pendidikan dasar (SD/MI).

Pembelajaran tematik terpadu adalah pembelajaran yang dikemas dalam bentuk tema-tema berdasarkan muatan beberapa mata pelajaran yang dipadukan atau diintegrasikan. Tema meruapakan wadah atau wahana untuk mengenalkan berbagai konsep materi kepada anak didik secara menyeluruh. Tematik diberikan dengan maksud menyatukan konten kurikulum dalam unit-unit atau satuan-satuan yang utuh, sehingga membuat pembelajaran sarat akan nilai, bermakna dan mudah dipahami oleh siswa.

Pembelajaran tematik terpadu diyakini sebagai salah satu pendekatan pembelajaran yang efektif karena mampu mewadahi dan menyentuh secara terpadu dimensi afeksi, emosi, fisik, dan akademik peserta didik di dalam kelas atau di lingkungan sekolah.

Premis utama pembelajaran tematik terpadu adalah bahwa peserta didik memerlukan peluang-peluang tambahan (additional opportunities) untuk menggunakan talentanya, menyediakan waktu bersama yang lain untuk secara cepat mengkonseptualisasi dan mensintesis. Pembelajaran tematik terpadu sangat relevan untuk mengakomodasi perbedaan-perbedaan kualitatif lingkungan belajar, dan diharapkan mampu menginspirasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar. Pembelajaran tematik terpadu sifatnya memandu peserta didik mencapai kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher levels of thinking) atau keterampilan berpikir dengan mengoptimasi kecerdasan ganda (multiple thinking skills), sebuah proses inovatif bagi pengembangan dimensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang dituntut dalam KTSP maupun kurikulum 2013.

Pembelajaran tematik terpadu diterapkan di kelas 1 sampai kelas 6 SD/MI dan PAUD pada Kurikulum 2013, sedangkan pada kurikulum 2006 (KTSP) diterapkan di kelas 1 sampai kelas 3 SD/MI dan PAUD.

Melalui buku ini dipaparkan: Kebijakan Pemberlakuan Kurikulum, Belajar dan Pembelajaran, Standar Proses Pendidikan, Kurikulum 2013, Kurikulum Terpadu, Konsep dan Karakteristik Pembelajaran Tematik Terpadu, Pengelolaan Pembelajaran Tematik Terpadu, Strategi dan Pendekatan Pembelajaran Tematik Terpadu, Implikasi Pembelajaran Tematik Terpadu, Pendekatan Saintifik, Penilaian Autentik, dan Pelaporan Hasil Penilaian Pembelajaran Tematik Terpadu.

Kehadiran buku ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para pendidik (guru, gadik, ustadz, dan pamong) dan tenaga kependidikan, serta bagi para mahasiswa S1, S2, dan S3 yang sedang belajar dan mendalami bidang pembelajaran tematik terpadu pada pendidikan dasar (SD/MI) dan PAUD.


Ketersediaan

2016PGSD00064.C1371.1 RUSRak PGSD (RP)Tersedia
2016PGSD00064.C2371.1 RUSTersedia
2016PGSD00064.C3371.1 RUSMy LibraryTersedia
2016PGSD00064.C4371.1 RUSRak MPK (RM)Tersedia
2016PGSD00064.C5371.1 RUSRak MPK (RP)Tersedia
2016PGSD00064.C6371.1 RUSTersedia
2016PGSD00064.C7371.1 RUSRak PGSD (RPGSD)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
371.1 RUS
Penerbit RajaGrafindo Persada : Depok.,
Deskripsi Fisik
xvi,356 halaman;15x25cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789797698454
Klasifikasi
371.1 RUS p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
ed. 1 cet 1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this